ACARA PENUTUPAN KKN PPM TEMATIK UNDIP DI DESA SEPAKUNG

SEPAKUNG –  Rabu, 7 Agustus 2018 mahasiswa KKN PPM Tematik Universitas Diponegoro di bawah bimbingan Dr. Ir. Suryanti M.Pi melaksanakan acara penutupan KKN. Acara ini dilaksanakan sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN yang  telah dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Acara tersebut berlangsung di Balai Desa Sepakung dan diikuti oleh perangkat desa serta tokoh-tokoh masyarakat Desa Sepakung.

Acara penutupan diawali dengan sambutan dari Gelbert Jethro selaku koordinator desa tim KKN, kemudian Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. selaku sekretaris pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) , terakhir sambutan diberikan oleh Bapak Ahmat Nuri selaku Kepala Desa Sepakung. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan presentasi program masing-masing kelompok yang telah dilaksanakan selama kurun waktu KKN. Kelompok Dusun Sepakung Wetan mengawali presentasi program, program multidisiplin yang dilaksanakan, yakni pembuatan pemetaan potensi dan wisata Desa Sepakung dan pemberdayaan UMKM Keripik Pegagan dengan pengadaan alat peniris minyak. Lalu kelompok Dusun Bungkah mempresentasikan program multidisiplin yang telah mereka laksanakan, yakni pemberdayaan masyarakat desa sepakung dalam pembuatan produk oleh-oleh khas pengembangan dari gula aren dan pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan promosi pariwisata Desa Sepakung. Terakhir, kelompok Dusun Krajan mempresentasikan program pelatihan dan pembuatan pupuk cair organik dan pemberdayaan UMKM home industry pembuatan produk keripik jambu bij. Berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Tim KKN diharapkan dapat menstimulasi pembangunan Desa Sepakung di berbagai sektor.

Dr. Ir. Suryanti M.Pi. mengatakan bahwa “Besar harapan saya apabila sesuatu yang sudah diajarkan dan dilaksanakan oleh mahasiswa kami di Desa Sepakung ini dapat diteruskan dan ditindaklanjuti oleh seluruh warga Sepakung”. Senada dengan Ibu Suryanti, Bapak Fahmi Arifan selaku sekretaris pusat P2KKN mengatakan bahwa “Tim II KKN yang berjumlah 29 orang ini merupakan sebuah awal dari program KKN yang akan dilaksanakan berkelanjutan selama 3 tahun”. Di penghujung acara, penutupan tersebut diakhiri dengan doa bersama dan pemotongan tumpeng oleh Dr. Ir. Suryanti M.Pi., serta simbolisasi serah terima oven dan alat peniris minyak ke Desa Sepakung.

Para undangan yang hadir terlihat antusias dan bahagia atas apa yang telah dilakukan oleh Tim KKN Universitas Diponegoro ini. Mereka mengatakan akan berusaha untuk terus mengimplementasikan hal-hal baru yang telah diberikan oleh mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *