DESA DIGITAL

Sepakung – Dengan kondisi jaringan seluler yang minimalis, membuat warga dan para pengunjung wisata berkeluh kesah untuk berkomunikasi. Pengguna jaringan internet terutama yang mengeluh tidak bisa menggunakan data seluler mereka untuk bersosial media.

Dari latar belakang tersebut kiranya perlu suatu terobosan baru untuk menjawab tantangan zaman yang serba online ini, perkembangan teknologi yang semakin lama semakin merajalela dan tersebar ke seluruh pelosok negeri, membuat Pemerintah Desa Sepakung menggagas sebuah program yang dinamai dengan Desa Digital.

Desa Digital adalah Desa dengan pelayanan menggunakan sebuah aplikasi untuk memudahkan sesuatu hal yang sulit, dalam bidang pelayanan, keamanan, emergensi juga dalam kebencanaan alam yang dapat diakses mudah hanya dengan satu klik pada aplikasi android.

Warga Desa Sepakung yang terkendala sulit jaringan seluler, kini telah difasilitasi jaringan wifi yang dapat di akses oleh seluruh lapisan masyarakat. Jaringan wifi tersebut menjadi sarana warga desa untuk menggunakan aplikasi android.

PAMDES (Pelayanan Administrasi Mandiri Desa Sepakung) adalah nama dari aplikasi yang dapat digunakan untuk permohonan surat pengantar, surat keterangan, layanan ambulan, SOS, juga kebencanaan. Dalam aplikasi PAMDESA telah tersedia one click SOS yang digunakan jika warga merasa terancam akan keselamatan, sebagai contoh ketika terjadi perampokan, pencurian, bencana alam, dll.

Ket : Aplikasi PAMDES yang masih tahap penyempurnaan.

Desa Digital akan di resmikan oleh Gubernur Jawa tengah (Bapak H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP.) pada hari Minggu, 28 Januari 2018 mendatang.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *