LANGUAGE OUTBOUND 2018

Dokumen Ahmat Shidiq Afandi

Panitia Language Outbound

Language Outbound 2018

Program yang dikhususkan untuk siswa kelas 7 SMP IT & 10 MA Nurul Islam ini berlangsung pada tanggal 28 februari di Sepakung, Banyubiru, Kab. Semarang. Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi berbahasa anak baik Arab maupun English dengan berinteraksi langsung bersama foreigners.

Kepanitiaan yg dikoordinatori oleh Mr. Dann ini telah menjadi agenda rutin tahunan guna menunjang pemahaman serta praktek kebahasaan billingual anak. Para panitia pun dipegang oleh para musyrif pesantren sebagai pemandu.

The program is namely Language outbound, it will take place outdoor naturally to stimulate the students’ interest,” ucap beliau, selaku koordinator utama program LO (Language Outbound) 2018 ini.

Dokumen Ahmat Shidiq Afandi

Pemanasan Sebelum Perjalanan Dimulai

Dalam prakteknya di lokasi, Panitia telah menyiapkan 5 game yang tersebar di 5 post.
Di post yang pertama,oleh ust. Fandi, anak berkompetisi untuk menunjukkan yel yel mereka. Anak2 akan diberikan penanda berupa olesan tepung di pipi sebagai tanda para group telah melewati pos demi pos yang telah disediakan.

Post kedua, oleh Mr. Lutfi & Ust. Muchlisin, ada game dengan nama “Body Language“. Dalam Game ini, anak bermodel penempelan kosa kata Arab maupun English yang berhubungan dengan anggota badan. Tentu saja dalam game ini anak harus mampu menerjemahkan kosa kata dengan baik dan menempelkannya tepat pada anggota tubuh.

Di post ketiga, Mr. Nafi’ & Ust Iman, di isi game “Blowing Balloon“. Game ini masih berkutat dengan pembendaharaan kosa kata dengan model rangkain kata acak disusun menjadi sebuah kalimat yang sempurna.

Di post keempat,oleh Mr. Kafi, tiap group akan bertemu dengan foreigner dari Russia sebagai guest star di program ini, yakni Alexander Solyanik, yang kerap disapa Mr. Alex. Di post ini anak akan mempraktekkan speaking mereka dengan topik “Promotion of Products”.

Dan di post terakhir, kelima,oleh Ust. Yusuf & Ust. Muhtarom, anak akan menghadapi rintangan air dengan nama game “Vocabulary Pool“. Di pos ini, anak dibekali pelampung untuk berkompetisi mengambil kosa kata sebanyak-banyaknya lalu dicocokkan sesuai dengan instruksi panitia.

Di sesi akhir, sebelum pengumuman juara, anak -anak tukar kado dengan sesama group lainnya. Dan dilanjutkan dengan pengumuman juara dengan nominasi yang berbeda2, group dengan yel yel terkeren, group dengan aktif berbahasa, group paling heboh, dan ada juga group kategori terkompak.

Alhasil, program Languages Outbound tahun ini sangatlah berkesan serta menambah pula wawasan kebahasaan anak dari segi prakteknya. Harapannya, semoga bisa memacu antusias dan semangat anak dalam berinteraksi berbahasa Arab maupun English di lingkungan SMP IT Nurul Islam, Tengaran.

~ Redaksi Nuris ~

Dokumen Ahmat Shidiq Afandi

Foto Bersama Peserta Dan Panitia Language Outbound

Dokumen Ahmat Shidiq Afandi

Vocabolary Pool

Selama kegiatan berlangsung, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, ketika memasuki waktu sholat dzuhur, mereka tidak lupa dengan kewajiban mereka sebagai seorang muslim, sholat berjamaah pun dilaksanakan di tengah Bumi Perkemahan. Hal itu dilakukan agar siswa terbiasa dengan kondisi apapun mereka tidak boleh meninggalkan kewajiban mereka, itu sangat bagus untuk melatih tanggung jawab para siswa.

Dokumentasi Ahmat Shidiq Afandi

Sholat Berjamaah Ditengah Pelaksanaan Kegiatan

Kunjungi juga IG : Ayo Dolan Sepakung

Lihat Profil Sekolah : SMPIT Nurul Islam Tengaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *