KEGIATAN KEMASYARAKATAN KKN PPM TEMATIK UNDIP

SEPAKUNG – Sudah lebih dari 20 hari terhitung sejak pelepasan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2018, bertempat di balai Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru oleh Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. beserta Fahmi Arifan S.T., M.Eng. selaku dosen pembimbing dan sekretaris pusat P2KKN, mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP telah melaksanakan separuh dari program kerja yang mereka rancang. Tim KKN yang terdiri dari tiga kelompok ini masing-masing memiliki program kerja unggulannya sendiri. Program tersebut diantaranya; keripik daun pegagan khas Banyubiru dengan bantuan alat peniris minyak, pembuatan berbagai produk gula aren dan jambu merah, pengembangan promosi pariwisata, pelatihan pembuatan pupuk cair organik, juga program-program lain yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Desa Sepakung.

Selain melaksanakan program kerja yang telah dirancang, mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP juga melaksanakan kegiatan lain guna membantu masyarakat serta mempererat jalinan antara mahasiswa dengan penduduk setempat. Hal ini dianggap perlu, sebab kembali pada maksud dan tujuan dari kkn sendiri yakni kuliah kerja nyata dengan sasarannya masyarakat sekitar, sehingga dengan cara terjun langsung kepada masyarakat semacam ini diharapkan program yang akan disampaikan nantinya dapat diterima dan dijalankan dengan baik oleh masyarakat.

Layaknya kegiatan di luar program kerja yang dilaksanakan oleh salah satu kelompok tim KKN di Dusun Krajan, Desa Sepakung, yaitu mengikuti kerja bakti, mengikuti kegiatan perkumpulan rutin, melakukan pembersihan masjid, dan mengadakan pelajaran tambahan bagi siswa-siswi masyarakat Dusun Krajan. Kegiatan tersebut mendapat tanggapan yang baik dari warga, dibuktikan dengan diperbolehkannya mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP mengikuti kegiatan-kegiatan di atas, juga antusias siswa-siswi yang tinggi. Selain itu menyorot pada ungkapan imam masjid setempat saat melaksanakan acara perkumpulan rutin dusun krajan, “Saya mengucapkan terima kasih kepada mas-mas dan mbak-mbak KKN, karena dengan adanya mas-mbak KKN ini masjid menjadi semakin ramai jamaahnya”, hal ini  menjadi bukti jika kegiatan kemasyarakatan di luar program KKN di atas benar-benar diterima oleh warga. Harapannya dengan melaksanakan kegiatan tersebut tejadi hubungan yang baik antara warga dengan mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP juga tentunya warga dengan Universitas Diponegoro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *