KKN TIM 1 UNDIP 2019 IKUT PENANAMAN AKAR WANGI DI DUSUN PAGERGEDOK

  • Proses Penanaman Akar Wangi

Sepakung- Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2019 bersama Komunitas Relawan Lintas Komunitas, Karang Taruna Dusun Pagergedok dan KKN UPGRIS 2019 ikut berpartisipasi dalam penanaman tanaman akar wangi di tepi tebing dari objek wisata Klarasan Hills dusun Pagergedok. Penanaman tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya longsor di area tebing dari objek wisata Klarasan Hills. Objek wisata Klarasan Hills sendiri merupakan salah satu objek wisata yang dimiliki oleh desa Sepakung, yang menampilkan keindahan alam desa Sepakung khususnya dusun Pager dan gunung Telomoyo. Pemilihan tanaman akar wangi sebagai tanaman yang ditanam di pinggir tebing karena menurut kajian tanaman akar wangi dapat mengurangi terjadinya tanah longsor.

Proses Penanaman Akar Wangi

Selain melakukan penanaman akar wangi, ada pula tanaman yang di tanam pada objek wisata Klarassan Hills yaitu, bibit pohon alpukat dan bibit pohon durian. Tanaman tersebut ditanam bertujuan untuk nantinya dapat di manfaatkan sebagai salah satu wisata di Klarasan Hills dan semakin banyak pengunjung yang datang. Area tebing pada objek wisata Klarasan Hills sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk melihat sunset atau sunrise maka dari itu, tidak jarang objek wisata Klarasan Hills dijadikan sebagai tempat camping sehingga, penanaman ini dirasakan penting untuk mengurangi terjadinya tanah longsor yang sering terjadi secara tiba-tiba.

Proses Penanaman Bibit Alpukat

Harapan kedepannya adanya penanaman ini dapat mengurangi terjadinya tanah longsor serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan di dusun Pagergedok. Objek wisata Klarasan Hills diharapakan juga akan banyak pengunjung nantinya.

Salam Lestari..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *