PELATIHAN PAKET TEKNOLOGI PERTANIAN ORGANIK SEPAKUNG OLEH KKN PPM TEMATIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEPAKUNG – Senin, 31 Juli 2018 bertempat di Balai Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru dilaksanakan pelatihan program kerja oleh mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP pada bidang paket teknologi pertanian organik Desa Sepakung. Lanjutan setelah sebelumnya salah satu program pada bidang ini yaitu pembuatan pupuk cair organik sampai pada proses pencampuran pupuk, kemudian bertahap pada proses lainnya seperti pemberian bioaktivator dan fermentasi, sampailah pada lanhgkah akhir yakni pe;atihan dan pendemonstrasian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada hari senin kemarin.

Pelatihan paket teknologi pertanian organik Desa Sepakung ini tak hanya berisi pelatihan pupuk cair organik saja tetapi juga terdapat pelatihan pembuatan pakan organik penambah nutrisi hewan ternak, juga pemanfaatan asap cair sebagai pestisida alami. Masing-masing pelatihan tersebut didemonstrasikan secara maksimal dan seefektif mungkin agar bapak-bapak selaku peserta menangkap dengan mudah berbagai langkahnya. Dengan lebih dari satu pelatihan tersebut pendemonstrasian terbilang lancar bahkan bapak-bapak perwakilan masing-masing dusun yang tergabung dalam kelompok tani desa sepakung sangat berpartisipasi, di akhir pun mereka membawa hasil dari pelatihan yang dilaksanakan di tempat. Ini menandakan bahwa program kerja yang dipilih dan tergabung dalam demonstrasi paket teknologi pertanian organik di atas tepat sasaran dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan mayarakat desa sepakung terutama pada sektior pertanian. Tim KKN PPM Tematik UNDIP yang dibimbing oleh Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. beserta Fahmi Arifan S.T., M.Eng. selaku sekretaris pusat P2KKN berhasil memberikan solusi terhadap salah satu kekurangan di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru.

Kedepannya, mahasiswa KKN PPM Tematik UNDIP berharap pelatihan yang telah dilaksanakan dapat dipraktikkan oleh para peserta, lalu ditularkan kepada seluruh masyarakat desa sehingga tujuan diadakannya pelatihan ini oleh mahasiswa KKN yakni untuk mengefisienkan kerja petani dan menambah kualitas panen dan hasil ternak dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *