Pemanfaatan Bahan-bahan Alami Dusun Nglimut, Desa Sepakung

DUSUN NGLIMUT adalah salah satu bagian dari Desa Sepakung yang terletak di Kec. Banyu Biru , Kab. Semarang. Dusun ini salah satu tempat yang menjadi persinggahan mahasiswa KKN dari Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Mahasiswa KKN FPB UKSW yang singgah di Dusun Nglimut membuat Program Pupuk Organik Cair atau sering dikenal POC, adalah salah satu pupuk yang berbentuk cair yang dinilai sangat efektif dalam proses pemupukan ataupun pemberian nutrisi pada tanaman yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Edukasi Pupuk Organik Cair dan Pestisida Nabati di Dusun Nglimut ini dilaksanakan pada Bulan November 2018 dengan materi Pupuk Organik Cair dari Bonggol Pisang dan sampah sisa rumah tangga, sedangkan Pestisida Nabati yang terbuat dari Brotowali dan Daun Sirsat sebagai pengusir Wereng. Pupuk Organik Cair ini dapat mempermudah petani dalam memberikan nutrisi dan edukasi ini dapat membuka wawasan petani di Dusun Nglimut dan Para Petani di Dusun Nglimut dapat mengaplikasikan di rumah dan dapat menghemat pengeluaran dari pembelian pupuk. Pupuk Organik cair dapat digunakn pada umur 14hari hingga umur 90hari, dapat digunakan 1minggu 2kali.    

Edukasi dalam pembuatan pestisida nabati dilaksanakan pada waktu kerja bakti di tanggal 17 November 2018 setelah kerja bakti. Penggunaan pestisida Nabati biasnya dapat digunakan dalam kurun waktu 2minggu sekali. Bahan bahan yang di gunakan dalam pestisida dan pupuk organik mudah didapatkan di Dusun Nglimut. Pestisida Nabati ini dapat mengusir wereng maupun ulat grayak yang menjadi hama padi di Dusun Nglimut.

Mahasiswa KKN dari Universitas Kristen Satya Wacana yang ada di Dusun Nglimut juga mengeksplor keindahan yang ada di Dusun Nglimut. Dusun Nglimut memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Keindahan alam yang tersembunyi di Dusun Nglimut yang berupa airterjun, jika kalian ingin ke Dusun Nglimut jangan lupa untuk mengunjungi destinasi air terjun di Dusun nglimut.

Dalam penugasan sebagai abdi dari bangsa Mahasiswa KKN juga membantu menularkan dalam penularan peduli dalam alam, sebagai contoh membuat vertikultur dan mangajak anak-anak Dusun Nglimut menanam pada media tanam dari barang bekas. Dalam pembuatan vertikultur ada beberapa inti yang dapat ditanamkan pada anak-anak yaitu mendaur ulang barang bekas sehingga dapat digunakan sebagai barang yang berguna dan lebih peduli terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *