PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL OLEH TIM KKN UNDIP

SEPAKUNG – Mahasiswa KKN PPM TEMATIK UNDIP di bawah bimbingan Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pemasaran online di tokopedia. Peserta yang diundang yakni warga Desa Sepakung yang memiliki usaha dan juga anggota UMKM (Usaha Masyarakat Kecil Menegah). Selain itu, perangkat desa turut berpartisipasi dalam pelatihan ini guna mengoptimalkan pemasaran produk Desa Sepakung di bawah naungan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Program ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama membahas mengenai proses registrasi akun tokopedia oleh setiap peserta dan pembuatan toko online di marketplace tersebut. Sementara itu, sesi kedua dilaksanakan pada keesokan harinya yang membahas tentang pengelolaan toko online di tokopedia. Pengelolaan tersebut dimulai dari mengunggah produk, melayani konsumen, melakukan penarikan saldo, dan melakukan pemasaran secara digital serta penjelasan tentang alur penjualan dari penjual hingga ke tangan pembeli di tokopedia.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam kegiatan ini. Bapak Slamet yang merupakan salah satu peserta mengatakan bahwa “Acara pelatihan ini sudah saya tunggu-tunggu, dari awal memang saya sudah ada niatan untuk berjualan secara online tetapi belum tahu cara penggunaannya”. Bapak Slamet sendiri merupakan pemilik UMKM keripik pegagan dan gula aren dengan berbagai varian rasa. Selain Pak Slamet, pelaku usaha di Desa Sepakung lainnya biasanya hanya menjual produknya di pasar terdekat maupun melakukan promosi secara mouth to mouth. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Sepakung sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *