PENGOLAHAN SUSU SEGAR MENJADI PERMEN DAN TANAMAN REMPAH-REMPAH MENJADI WEDANG UWUH OLEH KKN-PPM UNW

SEPAKUNG – Tim KKN Universitas Ngudi Waluyo dibawah bimbingan Alfan Alfandi, S.K.M.,M.Kes yang diterjunkan langsung di Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang yang terletak di lereng Gunung Telomoyo. Desa Sepakung memiliki banyak potensi baik dari segi wisata maupun olahan pangan seperti olahan “Susu Segar  dan Tanaman Rempah-rempah”. Dari potensi yang ada, tim KKN mengajarkan ibu-ibu PKK di salah satu dusun di Sepakung dalam pengolahan susu segar menjadi permen susu dan pengolahan wedhang uwuh dengan gula aren yang akan menjadi oleh-oleh khas Sepakung.

Pemilihan pengolahan susu sapi dilatarbelakangi dengan tingginya hasil susu segar di dusun Srandil dan  Krajan yang mencapai 8-10 liter per hari. Sehingga dalam demonstrasi ini KKN UNW mengusung tema “Pengelolan pangan lokal susu Sapi perah menjadi permen susu khas Sepakung” guna meningkatkan produk penghasil susu Dusun Srandil dan Krajan”. Ungkap Anggun Novita Sari, selaku koordinator Kewirausahaan KKN UNW. Pelaksanaan demonstrasi tersebut berlangsung secara bertahap mulai dari tanggal 14 dan 19 Agustus 2018. Demonstrasi tersebut dilakukan di dusun Krajan, pelatihan sengaja menyasar kaum ibu sehingga tidak heran pesertasnya didominasi kaum perempuan.

Selain olahan susu menjadi permen susu kami juga mengolah tanaman rempah-rempah dan pohon aren menjadi wedhang Uwuh. Wedhang Uwuh merupakan minuman penghangat yang cocok untuk daerah yang bersuhu dingin. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani, yang kebanyakan dari mereka menanam sayuran, tanaman rempah – rempah dan juga pohon aren. Dari hasil panen yang ada, untuk memanfaatkan hasil bumi yang ada di Desa Sepakung, tim KKN UNW berinisiatif mengembangkan hasil bumi yang ada yaitu tanaman rempah – rempah yang dibuat menjadi wedhang uwuh yang dikolaborasi dengan gula aren. Wedhang uwuh sendiri terdiri dari bahan – bahan: Kayu Secang, Jahe, Daun Sereh, Cengkeh, Kapulaga, Kayu Manis, Biji Pala, dan Gula Aren. Pelaksanaan Pelatihan tersebut dimulai pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 di Balai Desa, dilanjutkan pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 di Dusun Watulawang dan terakhir pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 di Dusun Srandil.

Respon positif para ibu – ibu PKK terlihat sangat antusias dengan adanya pelatihan yang telah dilaksanakan, mereka sangat tertarik untuk terus menyimak arahan dari para pelatih dan setiap tahapan pembuatan permen susu dan juga wedhang uwuh dengan gula aren hingga detail. Diharapkan dengan respon yang baik ini dapat diteruskan oleh ibu – ibu PKK dengan mencoba dirumah untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dibuat usaha jualbeli sebagai oleh – oleh khas Sepakung.

2 thoughts on “PENGOLAHAN SUSU SEGAR MENJADI PERMEN DAN TANAMAN REMPAH-REMPAH MENJADI WEDANG UWUH OLEH KKN-PPM UNW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *