PERESMIAN PERCONTOHAN LAHAN MINA PADI DI DESA SEPAKUNG SEBAGAI DESA AGROPOLITAN

SEPAKUNG – Dr. Ir. Suryanti, M.Pi. dan Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. selaku Sekretaris Pusat P2KKN bekerjasama dengan Tim KKN Tematik Undip Desa Sepakung telah membuat program berupa percontohan mina padi di Desa Sepakung. Mina padi adalah Sistem Intregrasi antara pertanian padi dengan budidaya ikan. Tujuan dari program percontohan mina padi ini adalah untuk meningkatkan pendapatan para petani dengan hasil panen berupa padi dan ikan serta untuk menambah nilai estetika desa sebagai desa pariwisata.
Pembuatan mina padi di Desa Sepakung dilaksanakan di Dusun Bungkah karena daerah ini cocok untuk tanaman padi dan adanya sumber mata air mengalir yang didapatkan dari Kali Krasak.

Hari Kamis, tanggal 2 Agustus 2018 tim KKN Desa Sepakung bersama dengan dosen pembimbing Dr. Ir. Suryanti M.Pi. sebagai pembina lapangan Tim KKN PPM Tematik UNDIP 2018 dan ketua pengabdian masyarakat Desa Sepakung beserta Sekretaris Pusat P2KKN Bapak Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. dan perangkat desa melaksanakan peresmian mina padi di Desa Sepakung. Kegiatan ini dilakukan dengan melepaskan bibit ikan nila pada lahan mina padi sebagai simbolisasinya. Program ini disambut baik oleh masyarakat Desa Sepakung “Semoga program mina padi ini dapat memotivasi para petani untuk memaksimalkan lahan pertanian agar dapat meningkatkan perekonomiannya” harapan Bapak Ahmat Nuri Kepala Desa Sepakung dalam penerimaan benih ikan nila oleh pihak UNDIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *