REALISASI KEGIATAN MONODISIPLIN KKN TIM 1 UNDIP 2019 “SOSIALISASI DAN PEMBUATAN PRODUK OLAHAN IKAN SERTA EDUKASI PENTINGNYA MINYAK IKAN BAGI KESEHATAN TUBUH” DI DUSUN BUNGKAH DESA SEPAKUNG

  • Proses Realisasi


Sepakung-31 Januari 2019, Program ini dilakukan untuk memberikan informasi mengenai produk olahan ikan yang berasal dari daging ikan yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau agar masyarakat lebih banyak mengkonsumsi dan memanfaatkan ikan sebagai bahan makanan sehari-hari. Kurangnya konsumsi ikan dan kurangnya pengetahuan mengenai produk olahan ikan oleh warga Desa Bungkah menjadi salah satu alas an untuk dijalankannya program tersebut, dikarenakan Desa Bungkah jauh dari jangkauan pasar ikan, minimnya pembudidaya ikan di Desa Bungkah, dan kelompok Ibu-ibu PKK atau KWT (Kelompok Wanita Tangguh) yang kurang aktif dalam meningkatkan produk olahan khususnya dari ikan, padahal ikan merupakan bahan pangan yang mudah untuk dikembangkan dalam berbagai produk. Selain itu ikan juga mempunyai banyak manfaat bagi pertumbuhan usia dini hingga dewasa.

Proses Sosialisasi


Sosialisasi dan pembuatan produk olahan ikan dalam program ini adalah pembuatan nugget dari ikan lele. Nugget dari ikan lele dipilih karena bahan yang mudah diperoleh dipasar, cara pembuatan yang mudah, dan kandungan gizi dari ikan lele yang bermanfaat. Selain itu dimaksudkan agar anak-anak tertarik untuk mengkonsumsi ikan dan ibu-ibu lebih kreatif dalam mengolah ikan dalam bentuk produk olahan guna meningkatkan daya konsumsi ikan di masyarakat. Bahan utama yang digunakan dalam pelaksanaan program yaitu daging ikan lele, tepung kanji, bumbu (bawang merah, bawang putih, bawang bombai, dan garam) sedangkan bahan pelengkapnya adalah tepung terigu, telur dan tepung panir. Hasil dijalankannya program ini Ibu-ibu antusias untuk mencoba membuat nugget ikan, dan anak-anak menyukai olahan nugget tersebut. Adanya Prorgam ini diharapkan memberi pengetahuan terhadap warga akan pentingnya mengkonsumsi ikan.

Bahan Untuk Membuat Nugget


Program Sosialisasi Pentingnya minyak ikan dilakukan untuk memberi informasi kepada warga akan pentingnya mengkonsumsi minyak ikan bagi kesehatan tubuh warga usia dini hingga dewasa. Kurangnya pengetahuan mengenai minyak ikan bagi anak-anak dan ibu-ibu Dusun Bungkah menjadi salah satu alasan dilaksanakannya program ini dengan tujuan agar meningkatkan minat warga untuk mengkonsumsi minyak ikan dalah kehidupan sehari-hari. Minyak ikan memiliki banyak manfaat seperti menguatkan daya ingat, stimulus kecerdasan otak, menanggulangi asma, memperbaiki kerusakan mata, mencegah hipertensi, mengurangi kolesterol dan meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak. Program ini dilakukan dengan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK dan membagi minyak ikan kepada ibu-ibu serta anak-anak di SD. Hasil dilaksanakannya program ini memberikan pengetahuan bagi ibu-ibu akan pentingnya mengkonsumsi minyak ikan bagi keluarga khususnya anak-anak. Anak-anak antusias untuk mengkonsumsi minyak ikan. Adanya program ini diharapkan warga lebih memperhatikan kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi minyak ikan baik bagi anak-anak maupun keluarga.

Bahan Untuk Membuat Nugget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *