SOSIALISASI PEMANFAATAN SUMBER DAYA HAYATI UNTUK PEMBUATAN WEDANG UWUH DI DUSUN SEPAKUNG WETAN OLEH TIM KKN FPB UKSW 2018

Wedang uwuh merupakan olahan minuman yang berasal dari daerah Imogiri Yogyakarta. Wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa, wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah, sehingga dapat diartikan bahwa wedang uwuh adalah minuman sampah. Akan tetapi, wedang uwuh tidak benar-benar terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari sampah, melainkan terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, kapulaga, jahe, kayu secang daun cengkih dan gula batu sebagai pemanis. Dari seduhan bahan-bahan tersebut membuat tampilah wedang uwuh seakan-akan terbuat dari seduhan sampah.

Desa Sepakung secara keseluruhan dan Dusun Sepakung Wetang secara khusus berpotensi sebagai sentra pemanfaatan sumber daya hayati untuk pembuatan wedang uwuh. Potensi ini didukung dengan adanya berbagai tanaman budidaya yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan wedang  uwuh alih-alih sekedar dijual sebagai bahan mentah. Bahan baku yang sudah tersedia di Desa Sepakung diantaranya: kapulaga, jahe, cengkih, daun cengkih, sereh, dan kayu manis. Selain bahan utama tersebut, juga terdapat bahan lain yang dapat ditambahkan utuk pembuatan wedang uwuh diantaranya  cabe  jawa dan  daun pala.

Karena tersedianya bahan-bahan dalam pembuatan wedang uwuh maka tim KKN FPB UKSW di Dusun Sepakung Wetan berinisiatif untuk melaksanakan sosialisasi pembuatan wedang uwuh dalam rangka memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Alih-alih berbagai bahan tersebut hanya dijual sebagai bahan mentah, dengan diolah menjadi wedang uwuh diharapkan dapat menjadikan wedang uwuh sebagai minuman selamat datang di berbagai objek wisata yang ada di Desa Sepakung serta menjadi oleh-oleh berupa kemasan siap seduh yang kemudian diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Dalam merealisasikannya maka tim KKN Dusun Sepakung melaksanakan sosialisasi mengenai pembuatan wedang uwuh kepada kelompok PKK dan  di Dusun Sepakkung Wetan. Melalui sosialisasi tersebut diperoleh bahwa responden sangat tertarik dengan olahan wedang uwuh dikarenakan rasanya yang enak; penyajian yang sesuai untuk penghangat tubuh mengingat Desa Sepakung berada di dataran tinggi; cara pembuatan yang mudah serta bahan-bahan yang mudah didapat. Selain melakukan sosialisasi kepada kelompok PKK, juga dilakukan sosialisasi ke beberapa kelompok KKN di dusun lain terutama kelompok yang ditempatkan di daerah potensi wisata.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pebuatan wedang uwuh yang di racik oleh tim KKN Dusun Sepakung Wetan diantaranya : Kayu manis, kapulaga, jahe, cengkih, daun cengkih, daun pala, sereh, cabe jawa, gula batu dan kayu secang. Secara keseluruhan bahan-bahan tersebut dapat diperoleh di Desa Sepakung, akan tetapi  terdapat satu bahan yang belum tersedia yaitu kayu secang. Kayu secang dapat diperoleh di pasar-pasar tradisional dan toko jamu.

Selain melaksanakan sosialisasi pembuatan wedang uwuh, tim KKN juga berinisiatif untuk mencarikan benih tanaman kayu secang. Mengingat kayu secang merupakan bahan utama pembuatan wedang uwuh. Dari rencana awal untuk pengadaan bibit tanaman kayu secang yang belum terealisasi karena tim KKN kesulitan untuk mencari bibit maupun pembudidaya kayu secang dan dari usaha yang telah dilaksanakan hanya diperoleh benih dari tanaman tersebut. Semoga kedepannya tanaman kayu secang dapat dibudidayakan di Desa Sepakung dan selanjutnya dapat menjadi sentra wedang uwuh khas Desa wisata Sepakung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *