TIM KKN UPGRIS Desa Sepakung beri penyuluhan pemanfaatan urine sapi menjadi pupuk organik cair (POC).

“PENYULUHAN- Petani sayur Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang antusias mengikuti penyuluhan pemanfaatan urine sapi menjadi pupuk organik cair (POC) yang diadakan oleh tim mahasiswa KKN UPGRIS di balai Desa Sepakung, Rabu (6/2).

 

BANYUBIRU- Penyuluhan pemanfaatan urine sapi menjadi pupuk organik cair (POC) diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Latar belakang masyarakat Desa Sepakung yang bermata pencaharaian sebagai petani sayur dan peternak sapi menjadi dasar diselenggarakannya penyuluhan pemanfaatan pupuk organik cair dari urine sapi. Melimpahnya urine sapi yang belum dimanfaatkan secara maksimal membuat mahasiswa KKN berinisiatif untuk memberikan penyuluhan kepada petani agar mampu memanfaatkan bahan baku pupuk organik yang cukup melimpah, yaitu urine sapi untuk dijadikan pupuk organik, dan memberikan penyuluhan kepada petani agar mengurangi penggunaan pupuk kimia yang membahayakan dan merugikan petani maupun konsumen. Tim Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Sepakung sengaja menghadirkan salah satu dosen dari program studi pendidikan biologi Universitas PGRI Semarang yang merupakakan ahli di bidang bioteknologi, Dyah Ayu Widyastuti, S.Si., M.Biotech.

 

“Sasaran kami adalah para petani atau kelompok tani di desa sepakung khususnya. Materi yang kita angkat yaitu tentang cara pembuatan pupuk organik cair (POC) yang berbahan dasar dari urine sapi, dan juga materi tentang bahayanya pupuk kimia sehingga para petani tergugah dan memiliki inisisatif untuk beralih ke pupuk organik yang menjadikan sayur atau hasil pertanian lainnya menjadi lebih sehat dan layak konsumi” papar penanggung jawab kegiatan, Susetiya Adi Nugroho, Rabu (6/2).

Kegiatan penyuluhan kemarin merupakan salah satu program kerja bidang lingkungan tim Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Sepakung. Menurut Susetiya, mahasiswa bersama pihak kelompok tani desa juga berusaha menciptakan peluang pemanfaatan urine sapi secara maksimal bagi para petani.

“Targetnya Pupuk Organik Cair bisa menjadi salah satu sistem pertanian sayur untuk keperluan konsumsi masyarakat agar lebih sehat dan berkualitas. Hal itulah yang mendorong kami, dari Tim Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Sepakung melaksanakan kegiatan penyuluhan pemanfaatan urine sapi menjadi pupuk organik cair (POC) kepada petani maupun kelompok tani,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *