WORKSHOP KADER POSYANDU

SEPAKUNG – Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sepakung. Salah satu peran mahasiswa dalam kegiata KKN adalah pemberdayaan masyarakat. Yakni membantu masyarakat, mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing untuk menghasilkan sesuatu, untuk itu mahasiswa KKN di desa Sepakung mengadakan workshop yang bertema “Optimalisasi Peran Ibu Dalam Mengenali Potensi Anak Sejak Usia Dini”, yang bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Banyubiru. Workshop kali ini dihadiri oleh Ibu – Ibu PKK se-Desa Sepakung dengan pemateri Dr. Iin Purnamasari, M.Pd.

Acara workshop ini diketuai oleh Hidayatul Ulfa dibawah koordinasi oleh Totok Sutiyo selaku koordinasi lapangan di Desa Sepakung. Menurut Hidayatul Ulfa : “Workshop ini merupakan apresiasi mahasiswa terhadap warga akan pentingnya mengenali potensi anak sejak usia dini ” (14/2).

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di desa Sepakung Bapak Gostsa Khusnul Naufal S.Pd.,M.T mengatakan bahwa “melalui workshop ini diharapkan para ibu dapat mengenali potensi-potensi yang dimiliki oleh putra putri mereka sejak dini.” Pendapat dari DPL Desa Sepakung juga selaras dengan pendapat Kepala Desa Sepakung (Ahmat Nuri), beliau berkata : “Dengan adanya workshop ini dapat menyadarkan para ibu mengenali potensi yang dimiliki oleh putra putri mereka.”

Dr. Iin Purnamasari, M.Pd. dalam penyampaian materinya, beliau berkata : “Cara Mengenali Minat Bakat Anak adalah 1) Cermati berbagai kelebihan, keterampilan dan kemampuan yang tampak menonjol pada anak, 2) Bantu anak dalam meyakini dan focus pada kelebihannya, 3) Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan minat anak untuk belajar dan menekuni bidang-bidang yang menjadi kelebihannya, 4) Tingkatkan motivasi anak untuk mengembangkan dan melatih kemampuannya, 5) Stimulasi anak untuk meluaskan kemampuannya dari satu bakat ke bakat yang lain, 6) Berikan penghargaan atau pujian untuk setiap usaha yang dilakukannya, 7) Sediakan fasilitas untuk mengembangkan bakatnya, 8) Dukung anak untuk mengatasi berbagai kesulitan dan hambatan dalam mengembangkan bakatnya, 9) Jalin hubungan baik antara orangtua, guru dan anak.”

Penyampaian materi oleh Dr.Iin Purnamasari,M.Pd.(14/2)

KKN UPGRIS mengadakan workshop bidang pendidikan dan kesehatan dengan tema “Optimalisasi Peran Ibu Dalam Mengenali Potensi Anak Sejak Usia Dini” di Desa Sepakung, kec. Banyubiru, Kab. Semarang (14/2).

2 comments